Alternative Program Matlab | Penjelasan Program Scilab

Bismillah,
Bagi orang yang belajar dibangku kuliah terutama yang kuliah di fakultas teknik terutama yang berkaitan dengan pemograman baik informatika atau elektro tentu tidak akan asing dengan yang namanya program MATLAB (Matrix Laboratory).
Namun jarang dari kita sadar tentang program ini bahwa program ini memeliki harga dan lisensi yang harus kita bayar, dan kita seolah dipaksa menggunakan program ini, ya karena memang program ini sangat baik dalam fungsionalnya dalam menyelesaikan beberapa kasus pemograman. Selama ini saya berusaha mencari program alternative yang bisa menggantikan MATLAB ini sampai akhirnya saya menemukan sebuah program yang bernama Scilab dengan berbagai fitur dan toolbox yang bisa digunakan seperti fuzzy toolbox, ANN toolbox, image processing dll., sejauh ini dengan kebutuhan saya cukup membantu dalam mengerjakan tugas akhir maupun tugas kuliah, tanpa harus memikirkan cara mecrack atau membajaknya, tentu membajak bukan cara bijak, sebagaimana karya kita ingin dihargai tentu kita harus menghargai karya orang lain.
 
SCILAB
Scilab adalah perangkat lunak open source dan gratis untuk insinyur & ilmuwan, dengan sejarah panjang (rilis pertama pada tahun 1994) dan komunitas yang berkembang (100.000 unduhan setiap bulan di seluruh dunia). Untuk lebih jelas dengan sejarah perkembangannya mungkin bisa lansung ke web resminya DISINI.

Untuk yang ingin lansung menggunakannya kalian bisa lansung mengunduhnya pada wesite resminya disini --> DOWNLOADS.

Untuk penjelasan sekilas mengenai Scilab bisa lansung ke chanel youtube saya VIDEO PENJELASA SCILAB.

Sekian Terimakasih, semoga bermafaat.

Posting Komentar

0 Komentar